Informasi seputar SNMPTN dan SBMPTN dari passing grade, daya tampung, daftar universitas, jalur masuk, progdi, cara pendaftaran dan pengumuman.

Tata cara Pengisian PDSS dan daftar SNMPTN 2015

Pengisian PDSS dan daftar SNMPTN 2015 - Sebentar lagi memasuki tahun pengajaran baru, dan universitas-universitas pun mulai membuka pendaftaran dari beberapa jalur masuk yang diterapkannya. Mulai dari SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri. Pada jalur SNMPTN ini ada 2 tahap dalam mengikutinya. Tahap pertama adalah pengisian PDSS yang diisikan oleh kepala sekolah atau petugas sekolahan dan kemudian para siswa akan menverivikasi data yang dimasukan oleh petugas tadi. Tahapan kedua adalah pendaftar SNMPTN mendaftar melalui Online lewat laman resmi www.snmptn.ac.id.

Syarat untuk mengisikan PDSS adalah pihak sekolah wajib memiliki Nomor Pokok sekolah Nasional (NPSN), sehingga pihak sekolah dapat mendaftarkan siswanya untuk mengikuti SNMPTN. Jika pihak sekolah belum mempunyai NPSN, maka sekolah wajib mengurusnya apabila anak didiknya mau diikut sertakan mengikuti SNMPTN 2015.

pdss login sekolah

Untuk mengisikan PDSS bisa melalui laman resmi http://pdss.snmptn.ac.id. Dalam pengisian PDSS ini kepala sekolah wajib mengisi data sekolah dan jejak rekam akademik siswa atau nilai-nilai dan prestasi akademik. Setelah mengisikan data tersebut nanti pihak sekolah akan mendapatkan username dan password untuk siswa sebagai syarat pendaftaran SNMPTN.

Setelah mendapatkan username dan password, pihak siswa wajib memverifikasi data yang ada pada PDSS melalui Login Siswa. Apa bila data ada yang salah langsung laporkan ke pihak sekolah supaya diperbaiki. Setelah selesai memverifikasi data di PDSS, kemudian lanjut mendaftar SNMPTN 2015.

Tata Cara Mengikuti SNMPTN 2015

  1. Login ke laman SNMPTN 2015 untuk melakukan pendaftaran. Login menggunakan NISN dan password yang telah diverifikasi tadi.
  2. Siswa pelamar mengisikan biodata diri secara lengkap beserta pilihan PTN, Program studi serta mengupload foto resmi dan dokumen prestasi jika mempunyainya. Jangan lupa baca dan pahami keterangan-keterangan yang berlaku didalamnya.
  3. Untuk studi keolahragaan dan seni wajib mengunggah portopolio datau dokumen ketrampilan yang diikan kepala sekolah atau bisa download pedomannya terlebih dahulu di laman resmi SNMPTN 2015.
  4. Setelah semuanya selesai, kemudian siswa mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.


Menentukan program studi dan Jumlah pilihan

  • Setiap siswa dapat memilih sebanyak 2 PTN. Jika memilih 2 PTN maka 1 PTN harus berada dalam satu provinsi dengan SMA asalnya. Jika hanya memilih 1 PTN saja, maka dapat memilih PTN dimana saja, tidak harus dalam satu provinsi.
  • Siswa dapat memilih sebanyak 3 program studi dengan ketentuan 1 PTN maksimal 2 program studi. Jadi jika mau ngambil 3 prodi harus memilih 2 PTN.
  • Untuk urutan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Untuk itu pilih program studi dan PTN yang diminati pada urutan pertama.
  • Siswa hanya diijinkan untuk memilih prodi yang relevan dengan kelulusannya.
7 Komentar untuk "Tata cara Pengisian PDSS dan daftar SNMPTN 2015"

Ass. Maaf kalo pendaftaran snmptn dan pengisian pdss 2015 kapan ya dimulai nya? terimakasih

pdss 2015 tdk bs dibuka. ada apa?

Kapan ya PDSS dan laman resmi SNMPTN (http://pdss.snmptn.ac.id dan http://snmptn.ac.id) bisa dibuka?.

Apa maksud pesan 403 Forbidden yang menyebabkan tidak dapat masuk, setiap menjalankan http://pdss.snmptn.ac.id dan http://snmptn.ac.id

wah info smnptn yang dicari nih
thanks ya

Back To Top